Senin, 20 Agustus 2018

SEMANGKA BAUK UNTUK ASAM LAMBUNG ?

Siapa yang tidak suka dengan buah semangka ? Sepertinya tidak ada orang yang tidak menyukai buah yang satu ini. Secara buah semangka memiliki rasa yang manis dan segar, sehingga tidak mungkin ada orang yang tidak menyukai buah yang satu ini.




Semangka memiliki nama ilmiah Citrullus lanatus yaitu tanaman merambat yang berasal dari suku ketimun-ketimunan (Cucurbitaceae). Tanaman ini berasal dari Afrika selatan, namun kini semangka telah tersebar luas ke berbagai penjuru dunia.

Semangka adalah buah yang memiliki rasa manis, rasanya yang manis membuat buah ini begitu digemari oleh banyak orang. Tetapi selain memiliki rasa yang manis, tetapi buah ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat yang terkenal dari buah ini yaitu untuk memelihara kesehatan ginjal, menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan jantung. Namun selain itu, buah semangka juga ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan salah satunya yaitu penyakit asam lambung.

Manfaat Semangka Untuk Asam Lambung

Asam lambung adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Masalah kesehatan ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada.

Penyakit asam lambung pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya LES (Lower Esophageal Sphincter). LES ini berfungsi sebagai penjaga gerbang. Ketika makanan masuk, maka LES akan membiarkan makanan masuk ke dalam perut.

Setelah makanan masuk, maka LES akan menjadi tegan dan menutup agar asam lambung tidak naik kembali ke kerongkongan. Tidak berfungsinya LES pada penderita penyakit asam lambung sampai saat ini belum bisa diketahui apa penyebabnya.

Namun beberapa ahli berpendapat, jika tidak berfungsinya LES adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak

Hal ini dikarenakan makanan berlemak memerlukan waktu pencernaan lebih lama di dalam perut sehingga asam lambung yang diproduksi akan lebih banyak dan risikonya untuk naik kembali ke kerongkongan juga lebih tinggi.

Maka dari itu, salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit ini yaitu dengan menjaga pola makan serta menjaga asupan makanan yang akan di konsumsi. Nah, jika anda yang sudah terlanjur menderita penyakit asam lambung, wajib bagi anda untuk mengkonsumsi makan yang baik untuk lambung, salah satunya adalah buah semangka.

Buah ini memiliki kandungan asam amino. Kandungan ini dapat membantu mempertahankan kadar asam dalam lambung agar tetap normal. Selain itu, buah semangka juga dapat menghasilkan alkali, dimana alkali ini sangat bermanfaat untuk menetralisir kelebihan asam lambung di pencernaan.

Mak dari itu, bagi anda yang saat sedang menderita penyakit asam lambung, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan buah semangka.

Cara Mendapatkan Manfaat Buah Semangka

Untuk mendapatkan manfaat semangka untuk asam lambung, Anda bisa mengkonsumsi buah semangka secara langsung. Tetapi selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsinya dengan cara di jus. Berikut kami beritahukan cara pembuatannya.


Bahan-bahan

Siapkan buah semangka yang masih segar
Air matang


Cara pembuatan


Kupas buah semangka dan ambil dagingnya
Lalu masukkan ke dalam blender
Tambahkan sedikit air matang
Kemudian blender hingga halus
Setelah selesai, lalu tuangkan ke dalam gelas kosong
Jus semangka siap santap




Itulah cara membuat jus semangka untuk penyakit asam lambung. Selamat mencobanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar