Senin, 20 Agustus 2018

KACANG HIJAU VS ASAM LAMBUNG

Sakit maag sering kali menjadi alasan tersendiri untuk menolak mengkonsumsi makanan makanan yang di tawarkan. Karena penyakit maag memiliki banyak sekali makanan yang harus di hindarinya.

Penyakit maag ini sebenarnya salah satu jenis penyakit yang sepertinya semua orang sudah mengenal nya bahkan hampir seluruh masyarakat itu memiliki penyakit ini.

Makanan manis dan bersantan memang enak di konsumsi saat siang hari ataupun pagi hari contohnya bubur kacang hijau sudah pasti badan terasa segar jika sudah mengkonsumsi makanan itu. Lalu bagaimana dengan pasien penderita maag ? apakah aman mengkonsumsi bubur kacang hijau ?

Bubur kacang hijau memang mandung santan dan banyak gula sebagai penambah rasa nya. Namun apakah semua itu aman untuk kesehatan ? terutama lambung ?


Kacang hijau merupakan jenis tanaman yang sudah dikenal di seluruh indonesia. Kacang hijau terbukti aman untuk lambung . Didalam kacang hijau terdapat berbagai macam nutrisi alami seperti mineral dan kalsium yang sangat bagus untuk mencegah asam lambung yang berlebihan pada pernderita maag.

Selain itu, kacang Hijau juga mengandung banyak serat yang mampu mencegah adanya peradangan pada lambung yang terjadi akibat naiknya asam lambung. Selain itu, kacang ijo juga mangandung anati oksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang untuk melawan segala jenis penyakit  dan mencegah adanya kerusakan sel pada lambung.

Kandungan lemak esensial terbukti mampu berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, kandungan asam amino yang di miliki oleh kacang hijau mampu di proses cepat oleh tubuh dan protein sangat bermanfaat untuk pembentukan sel sel otot mempercepat pemulihan pasca sakit, meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat kenyang lebih lama.

Selain untuk maag masih ada manfaat lain dari kacang hijau yakni terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jika anda sering mengalami lemas, gemetaran, atau keringat dingin yang datang dengan tiba tiba kini bisa di atasi dengan mengkonsumsi kacang ijo.

 Berikut ini ada beberapa manfaat kacang ijo yang bisa anda gunakan untuk kesehatan anda diantaranya :


Mencegah Anemia


Kandungan Zinc dan Zat besi didalam kacang hijau terbukti mampu mencegah terjadinya anemia ( kurang darah ).  Selain itu, kacang hijau juga mampu meningkatkan kestabilan hormon dan mampu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena serangan penyakit.


Mencegah Adanya Penyakit Jantung


Serat yang ada dalam kacang ijo befungsi untuk membersihkan saluran pencernaan, serta mampu meningkatkan gerakan pada usus sehingga tidak terjadi penumpukan kotoran pada usus.  Selain mencegah adanya penyakit jantung, kacang ijo juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang menyebabkan adanya penyakit jantung .


Membantu Penyerapan Nutrisi


Kacang Ijo mengandung Vitamin B1 yang mampu membantu penyerapan nutrisi  dari makanan agar bisa terserap secara maksmal. Bersama dengan enzim yang lainya kacang ijo mampu memperbaiki metabolisme yang buruk dan penyerapan nutrisi yang kurang maksimal.


Membantu Pertumbuhan


Kandungan protein lengkap dalam kacang ijo dapat membantu pertumbuhan serta pembentukan sel sel tubuh yaitu, sel organ, sel otot serta sel sel pada otak.

Kacang ijo ini sangat cocok di konsumsi oleh anak anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang, untuk anda yang sudah lanjut usia juga bagus di konsumsi untuk tambahan energi dan  cocok untuk penderita maag sehingga terhindar dari kekurangan nutrisi.

Resep Kacang hijau Untuk mengobati Maag yang sudah parah



Gunakan Satu gelas kacang ijo
Rendam dalam air mendidih selam 1 jam
Setelah itu, di masak bersama air rendamannya dan beri irisan daun pandan dan tunggu sampai kacang ijo nya pecah
Angkat jika kacang ijo sudah kelihatan pecah
Disaring, ambil air kacang hijau nya jika suka manis, gunakan gula merah untuk menambah cita rasa nya
Air Kacang Hijau di Konsumsi sehari sedikit demi sedikit setiap hari 


Itulah manfaat dan khasiat dari kacang hijau yang harus anda ketahui. Pastikna jika anda memiliki riwayat penyakit maag segera gunakan kacang ijo sebagai solusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar