Senin, 20 Agustus 2018

BEBERAPA BAHAYA ASAM LAMBUNG

 karena biasanya sembuh meskipun tanpa diobati, kebanyakan orang menganggap bahwa sakit maag atau penyakit asam lambung tidaklah berbahaya.

padahal pada beberapa kasus, gejala asam lambung kronis yang tidak diobati dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan.


untuk meningkatkan kesadaran diri terhadap bahaya asam lambung kronis, berikut ini adalah 9 bahaya asam lambung yang harus anda ketahui.


ESOFAGITIS


seiring berjalanya waktu, GERD atau asam lambung kronis dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan pada kerongkongan, kondisi ini dikenal sebagai esophagitis.

“jika esofagus terpapar asam untuk beberapa hari, hal tersebut dapat menyebabkan peradangan pada lapisan esofagus, kata Anish Sheth, MD, asisten profesor penyakit pencernaan di Yale School of Medicine, di New Haven Conn.” kondisi ini bisa sangat tidak nyaman, menyakitkan, bahkan bisa membuat esofagus rentan terhadap iritasi atau luka yang lebih berbahaya.


STRIKTUR ESOFAGUS


esofagitis atau peradangan pada esofagus yang berlangsung cukup lama dapat mempersempit kerongkongan. disebut striktur esofagus karena kondisi ini menyebabkan kesulitan atau sakit saat menelan. selain rasa sakit, penderita juga mungkin akan sering mengalami tersedak saat makan.


MASALAH TENGGOROKAN DAN SUARA


gejala umum asam lambung kronis adalah sensasi panas di dada atau di tenggorokan. akan tetapi, tidak semua penderita mengalami gejala yang sama, beberapa dari mereka bahkan bisa mengalami gejala yang sulit didiagnosis.

menurut Dr.Sheth, pasien mungkin tidak mengalami gejala seperti suara serak, perubahan suara, sakit tenggorokan, atau batuk kronis, tetapi mereka bisa merasakan seperti ada benjolan di tenggorokan.


MASALAH PERNAPASAN


asam dapat memicu refleks saraf, yang menyebabkan penyempitan saluran pernapasan dan mencegah asam memasuki tenggorokan. Hal ini juga dapat menyebabkan gejala asma. Apa pun alasannya, menurut Mayo Clinic, satu hal yang diketahui pasti: asam lambung dapat membuat gejala asma memburuk dan asma dapat memperburuk gejala refluks asam lambung.


KERUSAKAN GIGI


saat asam lambung naik hingga ke dalam mulut dan itu terjadi cukup sering, maka risiko kerusakan gigi akan meningkat. hal tersebut dikarenakan asam akan mengikis lapisan email dan menyebabkan dentin terbuka. kondisi ini biasanya jarang disadari sebelum kerusakan mencapai stadium lanjut.


ULKUS ESOFAGUS


asam lambung dapat mengikis lapisan esofagus hingga menyebabkan luka atau bisul di dalam kerongkongan.(Ulkus esofagus berbeda dari tukak lambung, yang biasanya disebabkan oleh bakteri). jika ini terjadi, penderita bisa mengalami mual, muntah darah atau terdapat darah pada feses.


BARRETT ESOFAGUS


jika tidak ditangani selama bertahun-tahun, refluks asam yang terus menerus terjadi dapat menyebabkan perubahan prakanker dalam sel, suatu kondisi yang dikenal sebagai esofagus Barrett. Kondisi ini tidak menimbulkan gejala, tetapi dokter dapat mendiagnosisnya dengan melakukan endoskopi.


KANKER ESOFAGUS


dalam kasus yang sangat serius, GERD yang tidak diobati dapat menyebabkan kanker esofagus. Pada 2010, 16.640 kasus baru kanker esofagus didiagnosis di AS. Faktor risiko utama adalah merokok, minum alkohol, diet yang buruk, dan penyakit refluks kronis.


KUALITAS HIDUP RENDAH


selain risiko kesehatan, gejala GERD juga dapat memengaruhi kesehatan dan kebahagiaan seseorang.

dalam penelitian Jerman tahun 2003 terhadap lebih dari 6.000 pasien GERD, sebagian besar melaporkan bahwa kualitas hidup mereka telah terganggu karena masalah dengan makanan, minuman, tidur, serta keterbatasan sosial dan fisik.

kualitas hidup untuk pasien GERD mirip dengan pasien serangan jantung, dan dalam beberapa kasus, bahkan lebih rendah daripada kanker dan diabetes.



Oleh karena itu sebaiknya jangan menyepelekan kondisi ini, karena dampak buruk akibat asam lambung kronis yang tidak diobati bisa terjadi pada siapa saja. Dan untuk mengobati sakit maag kronis, pilihlah obat-obatan alami yang bisa anda dapatkan dari buah-buahan atau makanan yang bagus untuk pencernaan. Selain sangat aman, cara alami juga tidak menyebabkan ketergantungan yang bisa berakibat buruk jika terus menerus dikonsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar